Program keahlian Teknik Otomotif merupakan program keahlian konversi sebagaimana diatur oleh Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaaan, Riset dan Teknologi Nomor 262/M/2022 tentang perubahan atas keputusan menteri pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi. Program keahlian ini sangat selaras dengan kebutuhan industri serta sejalan dengan perkembangan kebijakan pemerintah.
Kurikulum Program Keahlian Teknik Otomotif mengadopsi unit-unit kompetensi yang tercantum dalam Skema Sertifikasi KKNI Level II Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor dan Yamaha Technical Academy. Penyusunan kurikulum Teknik Sepeda Motor juga melibatkan IDUKA. SMK Muhammadiyah 5 Jember melibatkan Iduka Lokal Jember dan Nasional dalam penyusunan kurikulum operasional ini. Jadi kurikulum yang dirancang juga selalu berpedoman atas saran, masukan, dan kebutuhaan industri Teknik Sepeda Motor .
Guru Kejuruan Teknik Sepeda Motor berjumlah 2 orang dimana selain memiliki pendidikan sesuai dengan yang disyaratkan, Guru kejuruan Teknik Sepeda Motor juga berlatar belakang pernah mengikuti berbagai program pelatihan.
Sarana praktik dan belajar dirancang dengan standar industri, sehingga para lulusan SMK Muhammadiyah 5 Jember diharapkan menjadi insan profesional dalam bidang Teknik Sepeda Motor baik di dalam maupun di luar negeri, memiliki kepribadian, dan karakter industri.
Kurikulum dan proses pembelajaran dirancang untu mendorong peserta didik untuk aktif, kreatif, mandiri, percaya diri, dan menjadi generasi yang berbasis pada Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan praktik baik sekolah maupun praktik kerja industri dipersiapkan dengan baik untuk membentuk mental yang kuat dan mengasah keterampilan serta keahlian peserta didik. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang siap bekerja, melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi, atau berwirausaha.
Program Keahlian Teknik otomotif merupakan program keahlian yang prospektif. Lulusan program keahlian ini dapat bekerja di bidang
- Teknisi Perawatan dan Perbaikan
- Teknisi Produksi otomotif
- Wirausahawan Otomotif
Struktur kurikulum mengatur beban belajar untuk setiap mata pelajaran dalam Jam Pelajaran (JP) tahunan dan/atau per 3 (tiga) tahun atau dikenal dengan sistem blok. Oleh karena itu, satuan pendidikan dapat mengatur pembelajaran secara fleksibel dimana alokasi waktu setiap minggunya tidak selalu sama dalam 1 (satu) tahun. Berkaitan dengan hal tersebut, struktur kurikulum program keahlian Teknik Otomotis menggunakan mekanisme blok per fase yang meliputi fase E di kelas X serta fase F di kelas XI dan XII. Implementasi sistem blok per fase ini berlaku untuk mata pelajaran pada kelompok umum dan kelompok kejuruan. Mata pelajaran pilihan rumpun kejuruan dan mata pelajaran diluar kejuruannya yang ditawarkan merupakan mata pelajaran yang dibutuhkan oleh Industri dan dunia kerja serta didukung oleh sumber daya yang ada di SMKN 5 Jember. Konsentrasi yang ditetapkan di program keahlian Teknik Otomotif adalahTeknik Bisnis Sepeda Motor
Penetapan Konsentrasi Teknik Bisnis Sepeda Motor mempertimbangkan :
a. saran dan masukan dari Industri terkait, PT Roda Sakti Jaya Megah.
b. sarana praktik berupa laboratorium, teching factory, dan pendukung lainnya
c. kompetensi guru kejuruan yang sudah bersertifikat kompetensi sesuai dengan bidangnya dan adanya tenaga teknisi.
d. Perkiraan jumlah tenaga kerja bidang Teknik Bisnis Sepeda Motor
e. peluang lulusan untuk berwirausaha dibidangnya yang masih terbuka.
f. Terdapat DUDIKA yang bersedia menerima siswa Praktik Kerja Lapangan.
SMK Muhammadiyah 5 Jember menambahkan muatan lokal sesuai kebutuhan peserta didik, dunia kerja dan karakteristik satuan pendidikan dan/atau daerah secara fleksibel. Termasuk mata pelajaran muatan lokal adalah bahasa Jawa yang ditetapkan melalui Peraturan Gubernur Jawa Timur. SMK Muhammadiyah 5 Jember menetapkan mata pelajaran Bahasa Jawa sebagai muatan lokal dan muatan lokal lainnya yang dibutuhkan untuk penguatan yang berbasis lokalitas Jember dan Jawa Timur. Adapun struktur kurikulum program keahlian Teknik Otomotif adalah sebagai berikut:
- Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
- Program Keahlian : Teknik Otomotif
- Konsentrasi Keahlian : Teknik Sepeda Motor
Struktur Kurikulum Konsentrasi : Teknik Sepeda Motor
NO | MATA PELAJARAN | KELAS/SEMESTER | TOTAL JP | ||||||
X | XI | XII | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | ||||
A. Umum | |||||||||
1 | Pendidikan Agama dan Budi Pekerti | 54 | 54 | 54 | 54 | 54 | – | ||
2 | Pendidikan Pancasila | 36 | 36 | 36 | 36 | 36 | – | ||
3 | Bahasa Indonesia | 72 | 72 | 54 | 54 | 54 | – | ||
4 | Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan | 54 | 54 | 36 | 36 | – | – | ||
5 | Sejarah | 36 | 36 | 36 | 36 | – | – | ||
6 | Seni Budaya | 36 | 36 | – | – | – | – | ||
7 | Muatan Lokal | ||||||||
Bahasa Daerah | 36 | 36 | 36 | 36 | 36 | – | |||
Jumlah Umum | 324 | 356 | 252 | 252 | 180 | – | |||
B. Kejuruan | |||||||||
1 | Matematika | 72 | 72 | 54 | 54 | 54 | – | ||
2 | Bahasa Inggris | 72 | 72 | 72 | 72 | 72 | – | ||
3 | Informatika | 72 | 72 | – | – | – | – | ||
4 | Projek Ilmu Pengetahuan dan Sosial | 108 | 108 | – | – | – | – | ||
5 | Dasar – Dasar Teknik Otomotif | 216 | 216 | – | – | – | – | ||
6 | Mata Pelajaran Konsentrasi TSM | ||||||||
Pemeliharaan dan Perbaikan Engine Sepeda Motor | – | – | 54 | 54 | 72 | – | |||
Pemeliharaan dan Perbaikan Sasis Sepeda Motor | – | – | 54 | 54 | 72 | – | |||
Pemeliharaan dan Perbaikan Sistem Pemindah Tenaga Sepeda Motor | – | – | 54 | 54 | 54 | – | |||
Pemeliharaan dan Perbaikan Kelistrikan Sepeda Motor | – | – | 54 | 54 | 54 | – | |||
Pemeliharaan dan Perbaikan Sepeda Motor Listrik dan Hybrid | – | – | 36 | 36 | 36 | – | |||
Pemeliharaan dan Perbaikan Engine Management System Sepeda Motor | – | – | 36 | 36 | 54 | – | |||
Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor | – | – | 36 | 36 | 36 | – | |||
7 | Projek Kreatif dan Kewirausahaan | – | – | 90 | 90 | 90 | – | ||
8 | Praktek Kerja Lapangan | – | – | – | – | – | 792 | ||
9 | Mata Pelajaran Pilihan | ||||||||
Microsoft Excel | 36 | 36 | 36 | – | |||||
Desain Grafis | 36 | 36 | 36 | – | |||||
Menejemen Bisnis | 36 | – | |||||||
Jumlah Kejurusan | 540 | 540 | 612 | 630 | 722 | – | |||
1 | Kemuhamadiyahan | 36 | 36 | 36 | 36 | 36 | – | ||
2 | BTA | 36 | 36 | 36 | 36 | 36 | – | ||
72 | 72 | 72 | 72 | 72 | – | ||||
Jumlah umum dan Kejuruan | 936 | 936 | 936 | 936 | 900 | ||||