Green School SMK Mulia


Betapapun hebatnya guru mengajar, bagusnya kurikulum pendidikan dan lengkapnya sarana dan prasarana belajar. Belum berarti banyak jika tidak didukung oleh lingkungan sekolah yang hijau, asri, nyaman dan kondusif.

Lingkungan belajar SMK Muhammadiyah 5 Jember (SMK Mulia) yang terletak di desa Cakru, Kec. Kencong, Kab. Jember, khususnya pada lingkungan sekolah baik taman dan penghijauan mulai bertahap terus berbenah karena lingkungan juga sangat berpengaruh besar terhadap pelaksanaan KBM di sekolah.

Gagasan membangun sekolah hijau (green school) di SMK Mulia sudah sejak awal diinisiasi oleh Bapak Abdurroziq, M.Pd.I priciple SMK Mulia yang harus diacungi jempol. Tentunya ini bertitik tolak pada pemikiran dan kesadaran bersama, bahwa sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan merupakan wadah yang tepat untuk menanamkan dan menumbuhkan rasa cinta pada alam dan lingkungan.

Perindangan lingkungan SMK Mulia dari mulai tanam pohon pule, sawit, serut, hingga tanaman buah-buahan sudah mulai terus dilakukan. Adanya tanaman dan tumbuhan hijau di dalam lingkungan SMK Mulia berfungsi menjadi paru-paru sekolah. Suasana sekolah menjadi sejuk dan segar untuk siswa belajar di ruang kelas. Suasana seperti ini akan mendukung konsentrasi belajar siswa. (Safrizal)

“Green school” adalah konsep yang mengajak seluruh warga sekolah untuk membentuk gaya hidup agar lebih peduli terhadap alam dan lingkungan.

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *