MEMBANGUN PONDASI PERADABAN

MEMBANGUN PONDASI PERADABAN

Abdurroziq, M.Pd.I
Principle of SMK Muhammadiyah 5 Jember


WhatsApp Image 2017-09-16 at 14.16.04

Sejatinya kehidupan kita sebagai manusia bukan hanya sekedar ada, akan tetapi harus mempunyai peran dalam setiap keberadaan. Hidup harus punya impian yang senantiasa terbayang dan dengan sekuat daya diupayakan untuk diwujudkan, karena tidak jarang dari sebagian manusia yang hanya bermimpi tapi enggan untuk mengejar mimpi tersebut, dan ketika ada orang yang mampu menggapai apa yang kita impikan kita hanya dapat berujar “sebenarnya itu juga yang menjadi impianku” kita hanya bisa menjadi penonton bagi kesuksesan orang lain.

Kemarin tepatnya hari sabtu 16 September 2017 menjadi momentum paling bersejarah bagi kami pengelola amal usaha SMK Mulia, yaitu penggalian pondasi sebagai tonggak awal berdirinya bangunan SMK Mulia yang baru di lokasi yang baru pula. Di lokasi yang luasnya kurang lebih 11.527m2 akan dibangun ruang praktik dengan ukuran 10mx15mx2 dengan konstruksi lantai 1, ruang kantor 10mx21mx1 dengan konstruksi lantai 2 dan ruang kelas 8mx9mx6 yang Insyaallah akan di konstruksi lantai 4.

WhatsApp Image 2017-09-16 at 12.17.36 (1)

Entah karena senang atau apa rasa capek tak lagi ada, rasa kantuk hilang seketika saat pagi buta tiba padahal tidur malam hanya dinikmati 2 jam saja. Semua sahabat yang ikut bergembira mengucapkan selamat lewat berbagai cara, tak ketinggalan sang guru Bapak Abdul Halim KEPSEK SMK Muda Paleran dan Pak Kamto salah satu guru senior di SMK Muda, tiba-tiba muncul diacara yang bersejarah tersebut karena mereka adalah bagian dari peradaban SMK Mulia yang baru.

Suasana haru menyelimuti penggalian pondasi dan peletakan batu pertama, mbah badrun selaku sesepuh Muhammadiyah terlihat meneteskan airmata haru mungkin karena bahagia bahwa perjuangan beliau membesarkan organisasi kini ada penerus. Sekat perbedaan dan perdebatan seketika hilang bersama galian tanah, semua tinggal secerca harapan bahwa sekolah ini harus besar serta bisa memberikan manfaat untuk ummat. Pimpinan Cabang, masyarakat sekitar, wali murid, siswa, guru semua berjibaku saling membantu dan bergotong royong menambah optimis akan besarnya SMK Mulia dimasa yang akan datang.

Saat saya sampaikan Diawal jauh hari sebelum dimulai pembangunan bahwa SMK Mulia akan membangun gedung lantai 4, respon masyarakat bervariatif. Ada yang senang, ada yang kagum, ada yang pesimis, dan bahkan ada yang takut karena dianggap berlebihan. Bagi kami ini bukan berlebihan tapi ini menyangkut masa depan, kita harus ingat bahwa perjalanan pola berfikir manusia mengalami perkembangan, tidak hanya sekedar cukup, sekedar pantas, sekedar apa adanya tapi juga sudah mengarah pada nilai praktis, nilai efektif, bahkan nilai estetika tinggi walaupun harus mahal, untuk itu praktisi pendidikan harus mampu membidik sisi-sisi tersebut untuk menjawab tantangan masa depan.

Peradaban baru SMK Mulia sudah ditancapkan, semua punggawa tidak boleh lagi bersantai ria semua harus berlari jika tidak ingin tertinggal, semua harus capek jika tidak ingin hanya menjadi pelengkap, dan semua harus mulai bersemangat untuk menyambut setiap momentum. Kita akan bisa jika bersama dan semua bakal menjadi impian yang nyata, SMK MULIA bisa.

MULIA MENDUNIA

www.smkmuliajbr.sch.id

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *