PASKIBRA MULIA

PASKIBRA MULIA

Safrizal M. Arifin, S.Pd.I
Guru SMK Muhammadiyah 5 Jember

WhatsApp Image 2017-10-03 at 06.42.14

Sabtu, 30 Oktober 2017. Di hari itu merupakan awal dari perjuangan peserta Diklat Paskibra Angkatan I 2017, yang juga merupakan awal perjalanan untuk bisa menjadi anggota baru Paskibra SMK Muhammadiyah 5 Jember (SMK Mulia Cakru) yang sah. Diklat anggota ini sudah menjadi ketentuan wajib yang harus diikuti oleh setiap anggota baru nantinya yang ingin menjadi bagian dari Anggota Paskibra. Diklat Anggota ini bertujuan untuk membentuk karakter calon anggota Paskibra Mulia baru, agar bisa menjadi anggota yang bertanggung jawab, disiplin, mampu membawa nama baik Paskibra Mulia, dan banyak lagi tujuan yang kami ingin capai dari Diklat Anggota ini, agar setelah diklat bisa mencetak anggota-anggota baru Paskibra Mulia yang diharapkan nantinya. Berikut adalah rangkaian Diklat Paskibra Angkatan I ;

DIKLAT PASKIBRA SESI HARI PERTAMA
Sabtu, 30 September 2017

Saat jam menunjukkan pukul 06.30 WIB Diklat Anggota Paskibra Mulia Angkatan I 2017 memulai acara dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh para dewan guru SMK Mulia Cakru, dan selaku pembina upacara adalah Bang Rizal, dalam sambutan sekaligus membuka acara ia menyampaikan harapan, semoga diklat ini berhasil mencetak pribadi anggota Paskibra Mulia yang diharapkan serta memiliki integritas yang baik.

Setelah upacara pembukaan selesai semua peserta Diklat diberikan waktu ke basecamp untuk mengambil keperluan diklat. Selanjutnya semua harus sudah lengkap dan bergantian untuk registrasi kembali, sembari mengumpulkan barang-barang pribadi ke panitia, seperti dompet, kontak sepeda, handphone (smartphone) dll, yang tidak boleh dibawa selama diklat berlangsung.

Setelah registrasi selesai, selanjutnya ada sweeping perlengkapan dan atribut diklat, bagi yang tidak membawa kelengkapan barang-barang diklat individu maupun kelompok, mendapat point minus yang sudah ditentukan oleh tim panitia kakak dan abang-abang dari Panitia Paskibra Mulia.

Dari acara sweeping, selanjutnya peserta diklat langsung menuju ruang materi yaitu pembekalan materi kepemimpinan yang diisi oleh bang Roziq dengan tujuan nantinya para peserta dapat memiliki jiwa kepemimpinan yang bertanggung jawab. Setelah semua materi selesai disampaikan dan sesi tanya jawab juga telah usai. Acara berganti di area halaman sekitar basecamp yaitu latihan PBB hingga jeda waktu dhuhur, setelah itu acara ishoma dan dilanjutkan dengan makan siang bersama. Suasana makan benar-benar harus tertib, peralatan makan, minum ditata dengan rapi dan harus sama semua. Makannya pun harus rapi tidak boleh sampai berserakan nasinya.

Setelah makan siang selesai dilanjut sholat dhuhur berjamaah. Dengan keadaan cuaca yang cerah, tim panitia langsung sigap menyiapkan acara selingan games yang berisi uji ketangkasan sebagai lahan untuk memupuk rasa kebersamaan dan kekuatan fisik peserta. Ada suasana alam yang sangat asri dan teduh walaupun panas matahari menyengat karena adventure (survival) kali ini dilakukan di kawasan dusun Gondangrejo tepatnya di desa Cakru kecamatan Kencong hingga waktu ashar tiba, kemudian istirahat dan bersih diri. Namun ada sebagian dari panitia dan peserta Diklat juga mempersiapkan acara nobar pemutaran film G30S PKI dengan Pentas Seni untuk acara malamnya di kampus 2 SMK Mulia hingga menjelang waktu maghrib.

Setelah shalat maghrib berjamaah peserta segera kembali ke basecamp berganti pakaian dan langsung menuju ruang makan untuk makan malam bersama, seperti siang tadi aturan makannya sama, harus tertib dan rapi. Sampai dengan waktu isya peserta bergegas untuk mengambil air wudhu dan shalat isya berjamaah.

WhatsApp Image 2017-10-03 at 06.31.55

Malam itu semakin ramai, karena acara nonton bareng pemutaran film G30S PKI bersama dengan masyarakat sekitar yang digelar di lokasi pembangunan kampus 2 SMK Mulia Cakru. Setelah nobar selesai acara berlanjut dengan kegiatan shalat malam tahajud berjama’ah. Sesi hari pertama diklat anggota pun selesai pukul 23.00 WIB dan ditutup dengan pengukuhan bagi anggota Paskibra Mulia yang baru.

DIKLAT PASKIBRA SESI HARI 2
Ahad, 1 Oktober 2017

WhatsApp Image 2017-10-03 at 06.41.56

Pukul 03.00 dini hari peserta Diklat Paskibra Angkatan I sudah dibangunkan untuk mengikuti renungan malam hingga menjelang waktu subuh dan diteruskan shalat subuh berjamaah. Selepas shalat seperti biasa selalu ada acara kultum, kali ini adalah Bang Rizal yang menyampaikan nasihat tentang pentingnya menuntut ilmu. Acara kultum usai para peserta langsung bersiap untuk olahraga pemanasan pagi-pagi dan lanjut jalan-jalan pagi.

Setelah pemanasan selesai, peserta segera kembali ke basecamp berganti pakaian dan langsung menuju ruang makan untuk sarapan bersama. Kemudian paserta mengikuti materi terakhir kepaskibraan oleh bang Alfendo yang mampu memberikan pencerahan kepada peserta Diklat akan manfaat kegiatan yang mereka peroleh. Selanjutnya acara diarahkan ke lokasi pembangunan kampus 2 SMK Mulia dengan upacara penutupan, sebagai pembina adalah Bang Tovan selaku Waka Kesiswaan SMK Mulia Cakru.

Inilah akhir dari serangkaian prosesi diklat anggota Paskibra Mulia 2017. Demikian kilasan balik dari Prosesi Diklat Paskibra Angkatan I. Semoga berkesan bagi para peserta Diklat Paskibra Angkatan I Tahun 2017.

Semangat pagi, awali dengan do’a secercah harapan dan senyuman, karena dibalik senyuman polos anak-anak kita terdapat mimpi yang harus mereka wujudkan, tetap semangat apapun keadaannya! (Bang Tovan)

MULIA MENDUNIA

www.smkmuliajbr.sch.id

 

One thought on “PASKIBRA MULIA”

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *