Pemilihan Ketua IPM SMK Mulia Berbasis Android

Cakru – Sedikitnya 300 siswa-siswi, guru dan karyawan SMK Muhammadiyah 5 Cakru-Kencong-Jember, Jawa Timur melakukan proses pemilihan Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dengan berbasis android. Cara memilihnya dengan mengklik gambar kandidat yang muncul pada layar smartphone.

Waka Kesiswaan SMK Muhammadiyah 5 Jember (SMK Mulia Cakru) Tovan Eko Cahyono, S.Pd menjelaskan cara ini digunakan sebagai langkah edukasi penggunaan media yang jauh lebih praktis dan mudah.

“Cara ini pertama kalinya dan nyatanya sukses serta lebih hemat dan praktis, pada pemilihan lalu kami menggunakan smartphone masing-masing siswa dan ini real bukan abal-abal katanya, Senin (28/10/2019).”

Sebelum pemilihan dilaksanakan, ia menjelaskan dilakukan penjaringan calon ketua melalui seleksi wawancara oleh pihak guru. Dan para kandidat ketua itu melakukan orasi penyampaian program dihadapan para peserta Musyran secara bergantian.

Kemudian hari berikutnya diadakan Musyawarah Ranting Musyran) IPM SMK Mulia Jember, yaitu untuk mengevaluasi program kerja periode 2018-2019 dan membuat program kerja periode 2019-2020 .

Kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk pembelajaran politik dan demokrasi di lingkungan sekolah, tetapi juga sebagai pendidikan dini dalam sistem pemilihan umum yang biasa dilakukan di Indonesia agar siswa nantinya berpartisipasi aktif ketika mengikuti pemilu di tengah masyarakat.

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *