SEMINAR PEMBEKALAN PRAKERIN PERTAMA

SEMINAR PEMBEKALAN PRAKERIN

Safrizal M. Arifin, S.Pd.I
Guru SMK Muhammadiyah 5 Jember

Siswa XI 15

Beberapa waktu ini menjalin kerja sama dengan berbagai bidang didunia usaha dan industri, disana para siswa melakukan kegiatan prakerin di perusahaan dan instansi yang terkait. Sebanyak 47 siswa dikirim untuk mengikuti Praktek Kerja Industri (Prakerin) gelombang pertama tahun ajaran 2016/2017.

Sebelum diberangkatkan ketempat prakerin dan dinyatakan lulus seleksi pembekalan, seluruh siswa kelas XI diberikan pembekalan dari sekolah selama 2 hari, yaitu pada 29 s.d. 30 Januari 2016 yang dimulai pukul 07.30 – 15.00 WIB di Aula KH. Hasyim SMPM 8 Cakru.

Adapun materi pembekalan yang disampaikan kepada seluruh siswa yaitu :


Siswi XI 15

1) Materi Keselamatan Kerja dan Pembekalan Prakerin TSM oleh Fakhrul Amin, ST.
2) Materi Keselamatan Kerja dan Pembekalan Prakerin TKJ oleh Rama Dwi Septiandi, A.Md. Kom.
3) Character Building 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) dan Kebersihan Keselamatan Berlalulintas oleh A. Fathudin Nasrullah, S.Pd, M.Si.
4) Penulisan dan Penyusunan Laporan oleh Tovan Eko Cahyono, S.Pd.
5) Mental Spiritual dan Motivasi Kerja  dan Team Work oleh Safrizal M. Arifin, S,Pd.I.

Pembekalan prakerin ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang dunia industri kepada siswa sebelum mereka terjun langsung ke lapangan kerja. Pelaksanaan prakerin yang dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan ini, merupakan program sekolah yang perdana.

Materi

Kegiatan ini juga dapat mempererat hubungan kerja sama antara sekolah dengan perusahaan-perusahaan dan instansi yang terlibat. Serta dapat menjadi sarana mempromosikan tenaga didik siap kerja yang dimiliki oleh SMK Muhammadiyah 5 (SMK MULIA) Cakru Kencong Jember.

MULIA MENDUNIA

www.smkmuliajbr.sch.id

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *