TANAMKAN NILAI KARAKTER

TANAMKAN NILAI KARAKTER

Safrizal M. Arifin, S.Pd.I
Guru SMK Muhammadiyah 5 Jember

SMK Muhammadiyah 5 Jember (SMK MULIA) melaksanakan kegiatan Diklat Wawasan Kebangsaan ke 2, pada tanggal 6 – 7 April 2018, yang bertempat di kampus 2 SMK MULIA Desa Cakru Kecamatan Kencong, Kab. Jember. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap semesternya yang ditujukan kepada siswa-siswi kelas X (sepuluh) SMK MULIA Cakru, dan kegiatan ini merupakan Diklat Wawasan Kebangsaan yang ke-2 kalinya.

Ketua Pelaksana sekaligus Waka. Kesiswaan SMK MULIA, Tovan Eko Cahyono, S.Pd mengatakan, Diklat Wawasan Kebangsaan merupakan kegiatan yang ada di SMK MULIA. Kegiatan ini diikuti oleh 40 siswa.

“Materi kegiatan dibagi menjadi beberapa materi, yaitu: pertama materi Kelas (meliputi: penanaman pentingnya pendidikan, dan penanaman pembentukan karakter pribadi yang tangguh dalam upaya mewujudkan karakter moral dan karakter kinerja) kedua materi Lapangan (meliputi: penanaman nasionalisme kebangsaan dan bela negara, serta penanaman pentingnya sikap disiplin)” ungkap Tovan Eko Cahyono, S.Pd

Penanaman nilai-nilai karakter bagi siswa sangatlah diperlukan guna membekali siswa-siswi SMK MULIA, selain dengan keahlian/keterampilan di bidang formal, juga dengan penanaman sikap-sikap akhlaq dan etika yang baik, kedisiplinan, kemandirian, bertanggung jawab, kreatif, inovatif, bekerja sama, jiwa sosialisme, nasionalisme dan pekerja keras.

SMK MULIA bekerja sama dengan Koramil Kencong dalam melaksanakan kegiatan rutin yaitu Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Wawasan Kebangsaan, yang tidak lain juga berguna untuk memberikan dan menanamkan nilai-nilai karakter yang dimaksud.

Kegiatan ini ditutup secara resmi pada hari Sabtu (07/18) dengan serangkaian agenda acara registrasi, upacara pembukaan, materi wawasan kebangsaan, kepemimpinan dan bina karakter, dilanjutkan acara malam kebersamaan dengan memasak istirahat, setelah itu melaksanakan shalat tahajud berjama’ah, kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan shalat subuh sekaligus kuliah subuh dilanjut long march dan acara penutupan ditutup dengan perang sejuta warna hal ini bertujuan agar karya siswa SMK MULIA semakin terus mewarnai kanca pendidikan.

“Setiap warga Negara Indonesia mempunyai hak dan kewajiban atas Bela Negara, dan siswa-siswi SMK Muhammadiyah 5 Jember telah belajar banyak tentang Bela Negara dalam kegiatan Diklat Wawasan Kebangsaan tahun ini”

MULIA MENDUNIA
www.smkmuliajbr.sch.id

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *