PERKUAT MENTAL WIRAUSAHA MUDA, SMK MULIA BUKA CLASS OF ENTREPRENEUR

PERKUAT MENTAL WIRAUSAHA MUDA, SMK MULIA BUKA CLASS OF ENTREPRENEUR

Safrizal M. Arifin, S.Pd.I
Guru SMK Muhammadiyah 5 Jember

Salah satu diantara bukti keunggulan siswa SMK adalah bisa dilihat pada kreativitasnya. Maksudnya, siswa SMK lebih diutamakan kompetensi untuk dunia kerja atau lebih kearah enterpreneur handal. Melalui pelajaran kewirausahaan yang sudah mereka dapat sejak kelas X, siswa SMK diajarkan untuk berwirausaha mulai dari membuat proposal produk, merancang dan membuat produk itu, sampai dengan memasarkan produk hasil karyanya.

Inilah yang dilakukan siswa SMK Muhammadiyah 5 Jember (SMK MULIA) baru baru ini. Saat membuka class of entrepreneurship, pada (1/5) lalu, 30 siswa tersebut menunjukan antusiasnya. Acara ini bisa dikatakan salah satu rangkain acara wajib sebelum para siswa berkiprah di masyarakat nantinya.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana masih pada tataran materi pelajaran yang terbatas pada teori, untuk class of entrepreneur kewirausahaan tahun ini, siswa dibebaskan untuk mengembangkan ide dalam berwirausaha. Mereka rencana akan dibagi perkelompok untuk memudahkan koordinasi.

Koordinator class of entrepreneur, Ariftika Imroatul Wardani, SE, menyebutkan bahwa class of entrepreneur (kelas kewirausahaan) adalah ciri khas bagi SMK. Dan, acara ini diharapkan akan menjadi kegiatan intrakurikuler wajib bagi siswa, karena dengan adanya class of entrepreneur seperti ini dapat mengembangkan bakat siswa dalam berwirausaha. “Class of entrepreneur harus menjadi hal yang wajib dilaksanakan di SMK Mulia, selain karena menjadi ciri khas SMK, Acara tersebut dapat mendorong semangat dan menguatkan mental siswa untuk berwirausaha selepas lulus SMK nanti. 

MULIA MENDUNIA

www.smkmuliajbr.sch.id

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *