English Conversation SMK Mulia Jember 

Di era modern seperti sekarang ini, bahasa asing bukan lagi kendala bagi siapa saja, terutama bahasa Inggris. Mulai dari anak-anak hingga orang tua dapat belajar bahasa Inggris dimana dan kapan saja. Namun, peran penting seorang guru sebagai “pendidik” sangatlah dibutuhkan. Hal inilah yang membuat SMK Mulia mengadakan acara English Conversation bagi para guru.

Dalam acara “English Conversation” di Lab. TKJ SMK Mulia Cakru-Kencong-Jember, sebagai native speaker kali ini adalah Mr. Robbica Martino, S.Pd selaku English Teacher & Trainer SMK Mulia yang memberikan beberapa penjelasan mengenai perbedaan pengucapan bahasa Inggris dan intonasinya, khususnya dari intonasi hingga beberapa kata yang memang sukar dikatakan. Robbica Martino juga melatih guru-guru dalam kegiatan ini dari hal mendasar, yakni pronounciation, linking word, syllable, rhythm dan beberapa hal mendasar lainnya.

Martino juga mengutarakan bahwa pengucapan bahasa Inggris itu sesuai dengan style masing-masing. “Momok bagi para pelajar yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, adalah terkendala di aksen atau pengucapan. Mereka sudah terbiasa memiliki aksen dari daerah mereka masing-masing.

Setiap Sabtu pagi SMK Mulia mengadakan berbagai kegiatan mulai dari Kajian Islam Sabtu Mulia, Mulia in Character Building, serta English Conversation. Karena jadwalnya hampir bersamaan maka kami mulai acara satu persatu mulai dari pagi jam 07.00 WIB hingga seluruh acara harus selesai jam 09.00 WIB, setelah itu baru para guru SMK Mulia masing-masing kembali pada job disk untuk memberikan materi ekstrakurikuler pada peserta didik.

“Dalam acara English Conversation ini kami berfokus pada guru (pendidik) dan tenaga kependidikan. Walau demikian sebenarnya English Conversation ini sudah pernah dipelajari saat di bangku sekolah maupun kuliah, namun memang perlu sekali pengingat agar nantinya guru dapat mengingat kembali ilmu-ilmu dan langsung dipraktekkan dalam English Day bersama dengan para siswa.

Di sini para guru mendapatkan ilmu penekanan-penekanan ucapan dalam percakapan bahasa inggris. Dan memang bahwa setiap penekanan memiliki arti yang berbeda. Ini luar biasa karena memang kegiatan yang seperti ini langka dan sangatlah penting.

SMK Mulia Impian Bersama

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *