GURU (PELATIH) HEBAT

GURU (PELATIH) HEBAT

Safrizal M. Arifin, S.Pd.I
Guru SMK Muhammadiyah 5 Jember

Sore yang sendu terlihat awan putih menutupi birunya langit. namun mata ini masih menyisakan kantuk karena semalam bersama kawan kawan seperjuangan juga ditemani mas Roziq Principle SMK Mulia dkk, mas Fakhrudin Kader TS Jember, dan mas La Ode PDPM Jember berjibaku dengan IT di kantor lazizmu Jember, sebagai follow up strategi marketing sekolah dari mulai editing layout brosur hingga pada cara memasukkan link database formulir pendaftaran siswa baru online.

Membaca buku ustadz Mulyana A.Z. “Rahasia Menjadi Guru Hebat” dengan secangkir teh itu memang sesuatu banget, apalagi ditemani camilan kripik telo yang asin manis serasa gurih reyah khas Jember punya.

Dalam buku “Rahasia Menjadi Guru Hebat” ternyata menjadi hebat bukanlah rahasia, termasuk seorang guru. Menjadi hebat dapat dilakukan melalui proses berlatih secara kontiyu terus menerus tanpa rasa menyerah.

Seorang guru tidak boleh memahami peserta didik hanya dari satu variabel saja dan mengabaikan variabel lain, yang justru mungkin lebih dominan.

Permasalahan yang dihadapi peserta didik sangatlah komplek dan multi dimensi dan yang juga perlu diingat adalah peserta didik memiliki ribuan, bahkan jutaan pilihan masa depan.

Marah kecewa, menyesal, putus asa, jenuh dan menyerah adalah debu dalam sistem proses melatih didik-ajar yang sering melekat pada seorang guru. Bagaimanapun guru/pelatih juga manusia biasa yang tidak sempurna. karena dalam ketidak sempurnaan itu, guru/pelatih sebagai sumber ilmu tetap dituntut untuk berkarakter sempurna serta memberi suri teladan yang baik.

Sehingga seorang guru/pelatih yang hebat mampu mengajak peserta didik betah belajar di sekolah atau tempat berlatih, mungkin juga membuat orang tua merasa nyaman, dan satu hal lagi yang terpenting mampu mencetak kader umat serta bangsa yang berkarakter baik dan berkualitas.

Masih teringat nasehat para Alim dan pendekar Allahuyarham, “Bahwa guru yang hebat bukanlah guru yang senang membicarakan kelemahan peserta didik, namun guru hebat adalah guru yang mampu mengembangkan kelemahan menjadi kehebatan”. Guru seperti inilah yang dapat dijadikan potret guru yang akan dikenang sepanjang masa.

Salam semangat untuk anda yang hebat.

MULIA MENDUNIA

www.smkmuliajbr.sch.id

2 thoughts on “GURU (PELATIH) HEBAT”

  1. selamat buat civitas akademika, insan pendidikan SMKM 5 Cakru, yang diidentikkan dengan SMK Mulia, atas ide kreatif membuka website atau blog khusus di internet sebagai media informasi, komunikasi, dan edukasi. bahkan bisa dijadikan media promosi keunggulan, kelebihan dan keistimewaan yang dimilikinya agar diketahui dan difahami masyarakat luas. Pada gilirannya, SMK Mulia akan dapat respon dan apresiasi, serta dukungan publik yang tinggi untuk dapat tumbuhkembang sebagai lembaga pendidikan bermutu. Semoga, amin.

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *