KEREN, SMK MULIA TERAPKAN UJIAN BERBASIS ANDROID DAN IOS

KEREN, SMK MULIA TERAPKAN UJIAN BERBASIS ANDROID DAN IOS

Safrizal M. Arifin, S.Pd.I
Guru SMK Muhammadiyah 5 Jember

Zaman kian canggih, serba digital. Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 5 (SMK MULIA) Jember Jawa Timur pun memanfaatkannya. Yakni, para siswa mengerjakan soal tes ujian memakai smartphone berbasis Android atau iOS.

Sekolah berlokasi di Jalan KH. Hasyim No 2 Krajan Desa Cakru, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember, Senin 26 Maret 2018 pagi tadi, pemandangan berbeda tampak terlihat di seluruh ruangan pelaksanaan ujian. Para pelajar ini tampak serius di hadapan smartphone mereka. Bukan sedang berselancar di dunia maya, namun mereka tampak serius mengerjakan soal-soal pilihan ganda melalui ponsel genggamnya.

Secara teknis, ujian kali ini tak memiliki perbedaan mencolok dengan ujian konvensional lainnya. Namun yang membedakan hanya media yang digunakan untuk mengerjakan soalnya saja. Berbekal keinginan mencoba dan tak pernah puas para tim IT SMK MULIA menggagas sebuah eksperimen dengan memanfaat kecanggihan teknologi dewasa ini.

Terlebih siswa tak perlu lagi repot-repot menyiapkan alat tulis. Cukup mengganti jawaban dengan mengKlik salah satu huruf yang dirasa benar jawaban sudah bisa terganti. Untuk teknis pengerjaan soal pada prinsipnya siswa harus login terlebih dahulu lalu mengerjakan soal dan klik jawaban yang dianggap benar. Masing-masing siswa memiliki akun untuk mengerjakan soal mata pelajaran yang diujikan.

MULIA MENDUNIA

www.smkmuliajbr.sch.id

One thought on “KEREN, SMK MULIA TERAPKAN UJIAN BERBASIS ANDROID DAN IOS”

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *