Kunjungan Ketua ITMAM Indonesia

Oleh : Safrizal Muhammad Arifin, S.Pd.I

Selasa (25/12/2018) Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School (PP-MBS) Darul Falah Cakru mendapatkan kunjungan dari Ustadz H. Yunus Muhammadi, beliau adalah Ketua Umum Ittihadul Ma’ahid Al Muhammadiyah (ITMAM) atau Persatuan Pondok Pesantren Muhammadiyah se-Indonesia yang diterima langsung oleh para asatidz PP MBS Darul Falah Cakru, Dewan Pembina Ma’had dan para ustadz. Kunjungan tersebut bertujuan untuk melihat secara langsung kondidsi pondok sekaligus memberi informasi tentang keberadaan ITMAM.

Acara kunjungan yang dikemas secara sederhana diisi dengan dialog/sharing dan tanya jawab. Diawali dengan pembukaan oleh Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Cakru, Ustadz Syamsuddin, S.Ag memaparkan bahwa konsep Muhammadiyah Boarding School didirikan bersamaan dengan pendirian SMK Muhammadiyah 5 (SMK Mulia) Cakru Kencong Jember di bawah kepemimpinan Ustadz. Abdurroziq, M.Pd.I dan menjadi program khusus yang dimiliki oleh SMK Mulia. Selain itu, hal yang utama adalah dirasa semakin sulit untuk mencari kader-kader penerus perjuangan Muhammadiyah khususnya di Daerah Cakru dan sekitarnya. Ust. Drs. Mujadid selaku mudir juga memberi informasi bahwa program utama PP-MBS Darul Falah Cakru selain SMK Mulia Program Khusus juga SMP Muhammadiyah 8 Cakru yang baru dua tahun ini berjalan adalah untuk mencetak santri yang Hafidz Qur’an 20 juz (10 Juz SMP dan 10 Juz SMK).

Adapun Ustadz. H. Yunus Muhammadi dalam sambutannya memberi apresiasi yang luar biasa atas berdirinya PP MBS Darul Falah Cakru baik dari tingkat SMP s/d tingkat SMK. Hal itu semakin meyakinkan beliau bahwa Pondok Pesantren saat ini tidak bisa dipandang sebelah mata khususnya Ponpes-ponpes yang dimiliki oleh Muhammadiyah, karena merupakan lembaga yang efektif untuk mencetak Ulama-Ulama Muhammadiyah dan mencetak kader-kader Muhammadiyah.

Pertemuan ketua ITMAM di MBS SMK Mulia

Di akhir, Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Cakru sekaligus juga menjadi Dewan Pembina Ma’had PP MBS Darul Falah Cakru yang diwakili oleh Ustadz. Syamsuddin, S.Ag mengucapkan terimakasih atas kunjungan Ketua ITMAM Indonesia dan juga memberikan motivasi kepada Mudir dan Asatidzah untuk senantiasa bersemangat dalam berjuang demi kemajuan Pondok Pesantren serta berdo’a agar PP MBS Darul Falah Cakru kedepan menjadi Pondok Pesantren yang maju, berkembang pesat dan mendapat kepercayaan dari masyarakat.

SMK Mulia Boarding School Bisa!

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *