Muhadhoroh Kegiatan Wajib Santri di Program Khusus MBS SMK Mulia

Selepas shalat dhuhur dan ashar adalah jadwal kegiatan Muhadharoh atau latihan berpidato bagi siswa SMK Muhammadiyah 5 Jember (SMK Mulia). Kegiatan Muhadhoroh merupakan kegiatan rutin siswa/i santriwan/ti di SMK Mulia terlebih pada progran khusus MBS Mulia. Khusus kegiatan rutin MBS Mulia dengan 3 bahasa ini dilakukan setiap hari Selasa dari mulai jam 18.00 ba’da Maghrib dan dilanjutkan shalat Isya’ berjamaah setelah itu kegiatan muhadhoroh berakhir pukul 20.00 WIB

Banyak hal yang bisa dipetik dari kegiatan Muhadhoroh ini sebagai sarana pelatihan untuk pembekalan siswa/i , santriwan/ti dalam keterampilan “Publick Speaking”. Public Speaking merupakan sebuah rumpun keluarga Ilmu Komunikasi (Retorika) yang mencakup berdiskusi, berdebat, pidato, memimpin rapat, moderator, MC, dan presenter serta kemampuan seseorang untuk dapat berbicara di depan publik, kelompok maupun perseorangan yang perlu menggunakan strategi dan teknik berbicara yang tepat.

Di kegiatan muhadharoh ini ada beberapa hal yang dilakukan oleh para santri terutama adalah mudabbir / mudabbiroh pengurus (IPM) MBS SMK Mulia demi berjalannya kegiatan muhadhoroh dengan baik.

Untuk memudahkan kontrol santri mengontrol kegiatan muhadhoroh, maka dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Persiapan sebelumnya santri yang tampil menjadi petugas ( Pidato dan MC) akan di seleksi dulu oleh para pengurus.

Menjadi hal yang wajib bagi pengurus untuk memeriksa i’dad (persiapan) santri yang pada waktu itu mendapat giliran pidato, supaya santri menjadi siap ketika tampil di depan teman – temannya. Ada pun manfaat kegiatan muhadharah antara lain:
1.Melatih dan membiasakan santri berpidato/berceramah
2.Membiasakan santri untuk tampil berbicara di depan umum
3.Melatih santri untuk terampil berkomunikasi di depan orang banyak.
4.Melatih santri berdakwah amar ma’ruf nahi munkar
5.Membekali calon dai dan orator yang siap jadi pemimpin di masa datang.

SMK MULIA IMPIAN BERSAMA

www.smkmuliajbr.sch.id

Cakru,
Feb. 6th 2019

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *