SATU SEKOLAH SATU TNI

SATU SEKOLAH SATU TNI

Abdurroziq, M.Pd.I
Principle SMK Muhammadiyah 5 Jember

Saat kecil dulu ketika mendengar kata TNI langsung terbayang di benak dengan sosok manusia laki-laki bertubuh kekar dengan berparas galak karena memang mungkin seringnya orang tua ataupun guru kita menakut nakuti kita dengan kata TNI. Saat kita nangis meminta sesuatu yang diingini tapi orang tua tidak menghendaki langsung serontak orang tua bilang awas ada Tentara nanti kamu dihukum, ketika tidak mau ikut program suntik disekolah karena takut jarum suntik serontak guru kita bilang nanti yang tidak mau suntik saya laporkan pak Tentara dan lain sebagainya, tapi itu semua dulu tidak untuk anak zaman now.

Dimata anak sekarang TNI punya sudut pandang yang berbeda bahkan TNI dinilai sebagai sosok yang dekat dengan dunia pendidikan, betapa tidak seringnya TNI masuk kelembaga sekolah membuat minside siswa beranggapan bahwa TNI adalah sosok yang punya karakter kuat, punya jiwa patriotisme dan kreatif. Peran aktif TNI dalam membangun karakter bangsa tidak bisa dipungkiri keberadaannya melalui kepiawaianya dalam baris berbaris yang telah diajarkan kepada peserta didik telah banyak menjadikan diri mereka kuat, disiplin dan mengerti dengan sebenarnya arti sebuah perjuangan.

Coba amati dengan sesama banyak sekali sekolah yang mencoba mensinergikan antara sekolah dengan TNI mempunyai hasil yang membanggakan dalam membangun karakter siswa meliputi, disiplin, memahami arti kebersamaan, keindahan dalam gerak langkah dan sorak sorai, tegas, cekatan akan menjadi ciri bagi peserta didik di sekolah tersebut. Sehingga tepat sekali kiranya jika pemerintah Kabupaten Jember melalui program satu sekolah satu TNI dicanangkan disekolah sekabupaten Jember, Mudah mudahan ini menjadi solusi ditengah kegalauan merosotnya karakter bangsa dan juga melemahnya jiwa nasionalisme.

Karakter yang kuat yang dimiliki TNI harus dapat kiranya ditransfer kepada generasi penerus bangsa saat ini, generasi cengeng, generasi alay yang mulai mewabah tak terbendung kesemua lini generasi menjadi hal yang memprihatinkan harus segera di carikan solusi, dan salah satu solusi itu ada pada peran TNI yang begitu vital dalam pembangunan bangsa. Saya optimis tidak perlu diragukan lagi dengan proses gemblengan pendidikan TNI yang begitu kuat menjadikan diri TNI akan memberikan pendidikan yang tidak instan dan akan mengedepankan proses.

Hari ini tepatnya sabtu 4 Agustus 2018 SMK Mulia kedatangan rombongan TNI dari satuan Koramil kecamatan Kencong dalam agenda yang dicanangkan oleh pemerintah daerah kabupaten Jember yaitu satu sekolah satu TNI walaupun ini bukan pertama kalinya tapi ini menjadi istimewa karena menjadi program pemerintah, semoga kedepan program seperti ini akan lebih sering lagi dan berkelanjutan mengingat manfaat yang luar biasa besar bagi pembentukan karakter siswa. Ada beberapa agenda kegiatan yang dilaksanakan mulai dari baris berbaris, stadium general wawasan kebangsaan dan Out bound, walaupun singkat tapi kegiatan ini sangat mengena karena dilakukan dengan terprogram. Trimakasih TNI teruslah berjuang mari bergandengan tangan dalam membangun peradaban bangsa yang bermartabat. Save TNI

SMK MULIA Impian Bersama

www.smkmuliajbr.sch.id

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *