SMK Mulia Tingkatkan Mutu Keahlian TBSM & TKJ

Oleh : Safrizal M. Arifin
(Waka Kurikulum SMK Mulia)

Jember — Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas, SMK Muhammadiyah 5 (SMK MULIA) Cakru Kencong Jember mengadakan akreditasi kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ), pada 16 November 2018, kegiatan selama sehari yang bertempat di Ruang Guru SMK Mulia ini diikuti oleh belasan guru, serta kepala program studi masing-masing jurusan.

Menuju sekolah yang berkualitas harus mengalami sebuah proses penilaian yang maksimal apa yang dikerjakan dan harus dibuktikan dengan data. Sekolah merupakan suatu lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran. Sebuah sekolah akan bermutu jika terdapat pengakuan dan penilaian dari beberapa pihak yang berwenang yang disebut akreditasi sekolah/madrasah. Pemerintah melakukan akreditasi untuk menilai kelayakan program atau satuan pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional secara bertahap dan terencana.

Sedangkan tujuan dari akreditasi adalah memberikan gambaran tingkat kinerja sekolah yang dijadikan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan sekolah baik dari segi mutu, efektivitas, efisiensi, produktivitas dan inovasinya. Memberikan jaminan kepada publik bahwa sekolah tersebut telah diakreditasi dan menyediakan layanan pendidikan yang memenuhi standar akreditasi nasional.

Memberikan layanan kepada publik bahwa siswa mendapatkan pelayanan yang baik dan sesuai dengan persyaratan standar nasional. Serta berharap SMK Mulia mendapatkan Nilai yang terbaik walaupun ini baru kali pertama mengikuti akreditasi.

Akreditasi sebagai acuan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan rencana pengembangan sekolah, Bahan masukan untuk pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah dan manfaat untuk kepala sekolah adalah Bahan informasi untuk pemetaan indikator keberhasilan kinerja warga sekolah termasuk kinerja kepala sekolah selama 1 periode (4 tahun)

SMK Mulia Jember dengan Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) semoga bisa mendapatkan nilai yang terbaik sesuai dengan bukti dan aksi nyata kinerja Kepala Sekolah, Guru, serta stap tata Usaha SMK Muhammadiyah 5 (SMK Mulia).

SMK Mulia Impian Kita Bersama

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *