DIKLAT KEPEMIMPINAN

DIKLAT KEPEMIMPINAN

Safrizal M. Arifin, S.Pd.I
Guru SMK Muhammadiyah 5 Jember

16299465_1727302527599311_172878990769480858_n

Ikatan Pelajar Muhammadiyah Cabang Cakru Daerah Jember. Belum lama ini telah menyelenggarakan Diklat Kepemimpinan yang mengambil tempat di komplek Balai Desa Padomasan Kecamatan Jombang Kabupaten Jember. Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan yang diselenggarakan oleh Pimpinan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Cabang Cakru dibuka resmi oleh Drs. Bambang Adam Malik selaku Sekretaris PCM Cakru.

Dalam kata sambutannya, beliau mengatakan, bahwa Diklat Kepemimpinan ini merupakan ajang atau tempat penggemblengan kader calon pemimpin masa depan. Kegiatan ini agar tidak disia-siakan. Mengingat, pentingnya pengkaderan baik di dalam organisasi kemasyarakatan Islam maupun pengkaderan umat, bangsa dan Negara. “Diklat Kepemimpinan ini ajang yang tepat untuk penggemblengan kader calon pemimpin persyarikatan. Oleh karena itu saya berharap agar kegiatan Diklat Kepemimpinan ini diikuti dengan penuh semangat kebersamaan, dalam menyiapakan kader bangsa, agama, dan Negara,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Drs. Bambang AM menegaskan, “Kalian saat ini telah menjadi pemimpin diantara teman kalian. Tidak mustahil kelak kalian akan menjadi pemimpin di Persyarikatan, maupun di pemerintahan, dan masyarakat,” tambahnya. Ia pun berharap, kegiatan Diklat Kepemimpinan yang diselenggarakan oleh PC IPM Cakru ini dapat diikuti dengan serius, antusias, disiplin, dan penuh tanggungjawab. “Jangan sampai peserta meninggalkan tempat selama belum ditutup. Saya tekankan demikian karena Diklat Kepemimpinan ini tempat kawah Candradimuka untuk memperbesar cakrawala kepemimpinan,” lanjut Bambang.

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Diklat Kepemimpinan Reza Ruti Pratama siswa kelas X TKJ SMK Mulia Cakru dalam laporannya meyebutkan, “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali oleh Kabid Kaderisasi IPM sejak terpilihnya Pimpinan Cabang IPM yang baru,” ucapnya. Kegiatan ini diperuntukkan bagi pimpinan dan anggota termasuk Ranting IPM SMK Mulia Cakru, SMPM 8 Cakru, SMPM 3 Yosowilangun dan Ranting Padomasan dengan jumlah pesarta 75 orang dan diselenggarakan selama 2 hari.

Harapannya, materi yang diberikan dapat diserap dan diimplementasikan untuk kepentingan oganisasi. “Kegiatan Diklat Kepemimpinan ini bertujuan, memberikan ilmu kepemimpinan peserta, agar kelak menjadi pemimpin yang kuat, tangguh, bijaksana, dan bertanggungjawab,” imbuh Reza.

16266299_1727302547599309_633887169620714183_n

Materi yang diberikan adalah teori dan praktek. Di antaranya, Mental Spiritual dan Keagamaan dengan koordinator Kajian Dakwah Islam (KDI) oleh ustadz Tovan Eko Cahyono, S.Pd.I. Sholat fardhu dan shalat tahajud berjama’ah yang dipimpin oleh Ustadz Abdurroziq, M.Pd.I, materi keorganisasian dan kepemimpinan yang disampaikan oleh Syamsuddin, S.Ag. ect.

MULIA MENDUNIA

www.smkmuliajbr.sch.id

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *