TKJ SMK Mulia Keren

Hay, kali ini kita akan bahas ilmu yang di dapat jika kamu sekolah di SMK Mulia (Boarding School) Cakru-Kencong-Jember khususnya jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) banyak yang bilang jurusan TKJ itu keren. Hehehe TKJ memang keren bro karena sesuatu yang berkaitan dengan teknologi informasi (IT) dan jaringan pasti siswa-siswa bertanya pada anak TKJ, oke berikut ini ilmu yang akan di dapat selama kalian tiga tahun di SMK Mulia Jember jurusan TKJ :

1. Pemograman

Yang sangat menonjol dari TKJ yaitu programer, pemograman di bagi menjadi 2 yaitu pemograman aplikasi dan pemograman web. Pemograman aplikasi adalah algoritma flowchart bahasa c dan c++ dan yang dipelajari pada pemograman web. adalah HTML, CSS, java script,dll. So pasti keren deeeh kalau kalian jadi programer seperti Mark Zuckerberg yang mendirikan Facebook.com saat dia masih berumur 20 tahun. Mark dan temannya dari harvard membantu membuat facebook. ketika pertama kali facebook.com di mulai, facebook hanya dapat di gunakan di lingkungan kampus. Facebook website sebagian besar di tulis dengan bahasa c++ dan PHP.

2. Sistem Operasi

Sistem operasi ini sangat penting banyak orang awam menganggap sepele tapi bagi siswa TKJ ini sangat penting fungsi sistem operasi merupakan penghubung antara perangkat dan user, materi yang di pelajari yaitu pengenalan sistem operasi, installasi, dan troubleshoot. Dengan ilmu yang siswa TKJ dapat ini akhirnya ada beberapa diantara mereka bisa mendapat uang. Bagaimana tidak setiap orang yang ingin install windows ke anak-anak TKJ mereka harus membayar jasa minimal 50rb belum pasang driver dan aplikasi. Cocok buat sampingan anak-anak TKJ sebagai uang jajan dikala kantong lagi miris hehehe.

3. Lebih Tahu Komputer, Laptop, dan Smartphone

Kenapa bisa seperti ini? karena di TKJ belajar yang namanya spesifikasi Hardware (perangkat keras) dari mulai Processor, RAM, VGA, Camera, dan lain lain. Selain itu anak TKJ tau harga perangkat jadi anak TKJ nggak akan mudah ketipu dalam membeli barang elekronik khususnya komputer, laptop dan HP. Ya makannya siswa lain yang ingin membeli barang elektronik selalu curhat dulu ke jurusan TKJ.

4. Familiar Dengan Server & Jaringan

Yap dari sekian pelajaran ini yang paling anak TKJ suka ketika berbicara tentang server dan jaringan, disekolah materi yang diajarkan dari mulai pengenalan, installasi, dan trouble shoot yang paling anak TKJ suka pada saat installasi dan troubleshoot, bagi sebagian orang mungkin terdengar susah, dan ilmu ini jarang dipakai sehari hari paling ini bisa menjadi modal untuk melamar ke perusahaan ISP atau Jaringan Network.

Instalasi jaringan TKJ SMK Mulia

5. Ilmu Tambahan dan Pengalaman Kerja

Hal yang membedakan antara SMA dan SMK yaitu prakerin atau disebut Prakerin (Praktek Kerja Industri) dengan PKL ini ilmu bertambah kebetulan ada siswa TKJ prakerin di bidang CCTV, PABX, networking ya setidaknya mereka tahu bagaimana cara instalasi CCTV, telepon, dan jaringan secara luas selain ilmu, mereka akan dapat pengalaman juga. Bahkan mereka dikenalkan tentang dunia industri itu seperti apa pahit senang selama 4 bulan, nge kos, jauh dari orang tua.

Sekian infonya ya, semoga bermanfaat.

By. Abu Syamil 

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *