MARKETING SEKOLAH

MARKETING SEKOLAH

Abdurroziq, M.Pd.I
Principle of SMK Muhammadiyah 5 Jember

Eksistensi sebuah sekolah dapat dilihat dari seberapa besar tingkat kepercayaan masyarakat, dan jumlah siswa adalah salah satu variabelnya. Membangun image sekolah agar senantiasa hadir dihati masyarakat bukanlah persoalan mudah perlu adanya kerja keras dan kerja cerdas. Untuk itu setiap strategi harus dapat direncanakan dengan baik, terukur serta ada evaluasi secara berkala. Team work akan megandung nilai efektifitas tinggi jika semua person mempunyai tanggung jawab.

Pada dasarnya semua personal dalam sebuah lembaga harus mempunyai nilai market dan hal tersebut dapat terjadi jika seluruh personal mempunyai pola pikir yang positif. Dengan pola pikir positif akan membawa dampak pada perasaan, kata-kata, prilaku dan muaranya adalah karakter personal. Pada tanggal 16 Nov 2016 lalu, SMK Mulia Cakru mengadakan pelatihan marketing sekolah dengan nara sumber Al Riyad Silahuddin, dalam kesempatan tersebut beliau menekankan dalam marketing harus ada target secara kuantitatif dan kualitatif.

Tak cukup sampai disitu, pertemuan dengan sang motivator kami lanjutkan selang beberapa hari, yaitu tepatnya pada tanggal 21 Nov 2016 bertempat di kator Lazismu Jember, dalam pertemuan tersebut kami menyusun strategi dalam tataran yang lebih teknis yaitu menyongsong kemengangan pada PSB 2017/2018. Kompetisi antar sekolah menjadi Sunnatullah, kecerdasan memilih strategi adalah kunci memenangkan setiap kompetisi, tak ada pilihan lain kecuali kerja keras dan kerja cerdas. Eksekusi hari ini menjadi penentu, strategi telah tersusun apik, akan membuahkan hasil yang maksimal jika sang eksekutor mampu menjalankan sesuai rencana. Ini kelemahan kita, kurangnya pemain eksekutor kadang menjadi salah satu faktor kegagalan setiap strategi. Sang eksekutor harus seorang pemberani, luwes dan mampu memilih momentum yang tepat untuk mepakukan mengeksekusi.

MULIA MENDUNIA

www.smkmuliajbr.sch.id